Interesting stuffs



1. Position Paper for being a nominee of Dean of FMIPA ITB

FMIPA ITB yang maju, unggul dan ramah

Kebersamaan, komitmen dan ketulusan hati dalam mendorong kemajuan

Oleh: Edy Tri Baskoro


1. PENGANTAR

Perkembangan sains, teknologi, sosial dan ekonomi di tingkat global telah menghadirkan kepada kita tantangan yang begitu besar, serta kesempatan dan kapasitas untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Kita sebagai pelaku dunia pendidikan adalah pusat dari segala perubahan tersebut. Kecepatan perubahan itu, di masa lampau, masih mampu memberikan kesempatan kepada kita untuk melakukan refleksi dan sosialisasi. Namun, kini perubahan tersebut begitu cepatnya sehingga diperlukan suatu kemampuan untuk meraih atau mencipta pengetahuan baru, berpikir dan bertindak lebih cepat, inovatif dan kreatif dalam kolaborasi dan kemitraan yang kuat. 

 


Perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, persemaian nilai-nilai kehidupan serta perkembangan peradaban, berkewajiban dalam menghantarkan bangsa dalam menghadapi perubahan di atas. Sebagai pusat pengembangan ilmu-ilmu dasar, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam (FMIPA) ITB mempunyai peran dalam menentukan arah perkembangan sains dan matematika di Indonesia.


Sepanjang sejarah, FMIPA ITB telah banyak menyumbangkan berbagai pemikiran dan karya strategisnya dalam usaha pembangunan nasional untuk meningkatkan daya saing bangsa. Diantaranya, FMIPA telah berperan menyiapkan lulusan-lulusan dalam sains dan matematika yang handal dalam mengembangkan dan memanfaatkan sains serta matematika untuk pembangunan nasional. Di samping itu, FMIPA ITB juga telah menjadi ‘ikon’ di tingkat nasional dalam pengembangan ke-MIPA-an, yang senatiasa menjadi ‘kiblat’ untuk pendidikan MIPA lainnya di tingkat nasional. 

    


Akan tetapi di masa kini dan akan datang, peran FMIPA-ITB akan dituntut lebih besar lagi untuk dapat merealisasikan visi ITB sebagai lembaga pendidikan tinggi dan pusat pengembangan sains, teknologi dan seni yang unggul, handal dan bermartabat di dunia, yang bersama dengan lembaga terkemuka bangsa menghantarkan masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang bersatu, berdaulat dan sejahtera. FMIPA ITB perlu menjadi ‘lokomotif’ kemajuan bangsa dan ITB sebagai universitas Riset dan Inovasi di tingkat dunia. Semua itu akan dapat dilakukan apabila ada komitmen yang tinggi, kebersamaan dalam melangkah serta ketulusan hati yang luas dari setiap individu dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk mencapai suatu kemajuan bersama.

    


Dalam paper singkat ini, saya sebagai bakal calon Dekan FMIPA ITB 2011-2014, ingin menyampaikan butir-butir pemikiran pengembangan FMIPA ITB ke depan dalam menghadapi tantangan abad 21, dengan tujuan agar FMIPA ITB dapat menjadi suatu fakultas kebanggaan bangsa dan ITB dalam mengembangkan sains dan matematika. FMIPA ITB juga diharapkan dapat memberikan kontribusinya dalam menyelesaikan berbagai isu penting yang dihadapi oleh masyarakat lokal, nasional  dan global; serta meningkatkan peran FMIPA ITB sebagai institusi strategis di tingkat regional. Beberapa program strategis yang akan kami lakukan adalah sebagai berikut: (1) Peningkatan penelitian dan kerjasama internasional, (2) Peningkatan kualitas program pendidikan, (3) Memantapkan komunikasi horizontal dan penyempurnaan manajemen, (4) Peningkatan sumber daya manusia, (5) Penguatan kemitraan dalam pemecahan masalah nasional.

 

2. Program kerja 2011-2014

2.1. Program Peningkatan Penelitian

    


Untuk menghantarkan ITB sebagai universitas riset dan inovasi, FMIPA perlu melakukan penguatan dan pembudayaan penelitian, peningkatan kerjasama internasional dan pemanfaatan hasil penelitian.

    Beberapa program strategis yang akan dilakukan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian serta peningkatan kerjasama internasional adalah sebagai berikut:


1. Pemanfaatan hasil pemetaan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya untuk membuat rencana stategis dalam penelitian ke depan.
2. Pengembangan budaya penelitian melalui penguatan kelompok keahlian, peningkatan kolaborasi pembimbing-mahasiswa, kerjasama dengan institusi yang lebih kuat, penciptaan suasana penelitian yang kondusif, pemberian akses yang memadai dan penyempurnaan manajemen penelitian,
3. Peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi,
4. Peningkatan pengakuan internasional, melalui penumbuhkembangan budaya menyelenggarakan pertemuan ilmiah tingkat  internasional
5. Mengintensifkan kerjasama internasional melalui joint-supervision, joint-conferences, pertukaran mahasiswa dan staff serta co-authoring.
6. Melibatkan mahasiswa dalam penelitian staff.


2.2. Peningkatan kualitas program pendidikan

Sebagai institusi tertua di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FMIPA ITB  telah menghasilkan lulusan yang berkiprah di berbagai bidang profesi dan kehidupan. Untuk dapat meningkatkan kualitas program pendidikan dan untuk mencapai universitas riset, FMIPA ITB perlu melaksanakan program-program berikut ini.    

·     Peningkatan kualitas program doktor melalui penguatan proses pembimbingan, proses perkuliahan dan publikasi,

·     Penggabungan program sarjana dan master. Program ini ditujukan untuk memberikan budaya belajar dan kerja yang lebih kuat terhadap lulusan, serta menyiapkan mereka untuk dapat melanjutkan ke program doktor.

·     Penguatan proses perkuliahan

·     Peningkatan kerjasama dalam program pendidikan (double degree, sandwich program)

·     Penciptaan program pendidikan untuk merespons kebutuhan nasional dan memenuhi perkembangan sains dan teknologi.

·     Meningkatkan program kemahasiswaan

 

2.3. Memantapkan komunikasi dan Penyempurnaan manajemen

Komunikasi yang efektif dalam suatu organisasi adalah suatu sarana yang fital untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini dapat meningkatkan kebersamaan, saling mempercayai, menghilangkan mispersepsi dan meningkatkan rasa memiliki sehingga dapat menciptakan atmosfir kerja yang kondusif dalam menghasilkan karya dan inovasi. Penyempurnaan manajemen perlu dilakukan untuk berjalannya komunikasi yang efektif tersebut. Beberapa program yang akan dilakukan dalam hal ini adalah sebagai berikut:

·      Penguatan program studi dan memberdayakan kelompok keahlian

·      Peningkatan pelayanan fakultas terhadap mahasiswa, staff, program studi dan kelompok keahlian

·     Peningkatan peran-serta staff (akademik dan non-akademik) dalam aktifitas

·     Penyelenggaraan berbagai kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kinerja organisasi

·     Peningkatan transparansi manajemen

·     Peningkatan manajemen perkuliahan dan kepegawaian

·     Peningkatan komunikasi informal

·     Penguatan fungsi hubungan masyarakat FMIPA ITB untuk mendapatkan pencitraan yang baik, melalui komunikasi dan kerjasama mutual.

·     Peningkatan dan pemeliharaan jejaring kerjasama baik di tingkat nasional maupun internasional.


2.4. Peningkatan sumber daya manusia

Sumber daya manusia adalah faktor kunci dalam meningkatkan kinerja organisasi. Beberapa program dalam hal ini meliputi:

 

·      Penguatan profesionalitas staff (akademik maupun non-akademik) melalui pendidikan dan pelatihan.

·      Mendorong staff dalam kegiatan-kegiatan di tingkat nasional dna internasional

·      Membangun budaya akademik dan kolegialitas

·      Melakukan cara penilaian yang obyektif kepada staff untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian serta memberikan penghargaan atas kontribusinya

·      Mendorong dan menciptakan suasana yang kondusif untuk staff dalam proses peningkatan karir

·      Terus mengupayakan peningkatan remunerasi/kesejahteraan staff akademik dan non-akademik yang didasarkan atas kinerja.

 

 

2.5. Penguatan kemitraan dalam pemecahan masalah nasional

 

Dalam mewujudkan visi ITB menjadi world class university, kemitraan dengan industri, masyarakat dan institusi pendidikan tinggi lain baik di tingkat nasional maupun internasional adalah merupakan suatu keniscayaan. FMIPA ITB sebagai salah satu ujung tombaknya perlu melakukan hal-hal sebagai berikut:

·      Peningkatan peran FMIPA ITB dalam menentukan kebijakan sains dan matematika di Indonesia

·      Peningkatan peran FMIPA ITB dalam pemecahan masalah nasional

·      Mengimplementasikan hasil-hasil penelitian MIPA 

·      Mengaktifkan kerjasama dengan industri

·      Meningkatkan layanan FMIPA ITB pada masyarakat melalui kerjasama dengan pemerintah daerah

·      Meningkatkan kerjasama dengan universitas maju di tingkat regional dan internasional.

 

 

3. PENUTUP

Demikianlah program kerja kami dalam rangka membawa FMIPA ITB menjadi pusat persemaian dan pengembangan sains dan matematika yang maju, unggul dan ramah dalam menghadapi tantangan di masa depan yang begitu besar. Dengan kebersamaan, komitmen yang tinggi, kemauan yang kuat dan ketulusan hati, insyaAllah kita dapat melangkah maju bersama mewujudkan cita mulia ini.

 


Bandung, 18 Oktober

Edy Tri Baskoro




Comments